Search

Garuda Pancasila di Jersey Timnas Indonesia


Mayoritas tim nasional sepakbola negara-negara di dunia memajang logo federasi di seragam mereka. Namun itu tidak terjadi untuk tim nasional Indonesia. Alih-alih memajang logo PSSI sebagai federasi sepakbola Indonesia, tim nasional Indonesia justru memajang lambang negara, yakni Garuda Pancasila.

Tidak hanya seragam tim nasional sepakbola Indonesia yang justru memajang lambang negara ketimbang lambang federasi, namun seluruh seragam olahraga atlet Indonesia juga memajang Garuda Pancasila semenjak Olimpiade 1956. Tetapi sepakbola yang lebih dulu memajang Garuda Pancasila di seragam tim nasional.

Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno, meminta seragam tim nasional Indonesia menyertakan lambang negara Indonesia, yakni Garuda Pancasila, saat tim nasional Indonesia melakukan pertandingan persahabatan melawan Cekowslowakia, dua tahun sebelum Indonesia mengikuti Olimpiade untuk pertama kalinya.

Menurut beberapa sumber, keinginan Bung Karno untuk menggunakan lambang negara di seragam tim nasional karena gagahnya Garuda mampu memunculkan aura positif bagi para pemain. Bung Karno juga berharap Garuda yang menjadi simbol merdekanya Indonesia dari penjajahan bisa memancarkan semangat juang para pemain ketika bermain di lapangan.

Dalam banyak kisah, Garuda melambangkan pengetahuan, kebajikan, keberanian, kekuatan, disiplin, dan kesetiaan. Garuda Pancasila yang disempurnakan oleh Bung Karno pada 1950 ini pun pada akhirnya menjadi identitas bangsa Indonesia di manapun para atletnya berlaga. Saat melawan Cekoslowakia maupun saat berpartisipasi dalam olimpiade, tim nasional tidak mewakili federasi, tetapi mewakili negara, itulah mengapa Bung Karno ingin agar Garuda Pancasila menempel di seragam tim nasional.

FIFA tidak mempermasalahkan penggunaan lambang negara sebagai logo di seragam tim nasional. Selain Indonesia, juga ada beberapa negara lain yang memakai lambang negara sebagai logo di seragam tim nasional mereka. FIFA hanya mengatur perihal peletakan logo.

Walaupun penggunaan lambang negara di seragam tim nasional Indonesia ini sempat menimbulkan pro dan kontra, bahkan pernah digugat, namun menggunakan lambang negara rasanya sudah terlanjur melekat dan telah menjadi filosofi tersendiri bagi Indonesia.

Post a Comment

0 Comments